Scroll Untuk Baca Artikel
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaDaerahEkonomiEkonomi & BisnisEmpat LawangSumsel

Harga Karet di Empat Lawang Dibawah Rp10 Ribu

68
×

Harga Karet di Empat Lawang Dibawah Rp10 Ribu

Sebarkan artikel ini
Seorang petani karet sedang menyadap getah karet, Kamis (5/1/2023). Foto : Istimewa

EMPAT LAWANG – Saat ini harga karet disejumlah tempat belum berangsur membaik. Salah satunya di Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan (Sumsel) yang harganya jauh dibawah harapan petani.

Di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi, disini harga beli tengkulak dari petani terpantau masih pada kisaran jauh di bawah harga Rp10 ribu per kilogramnya. Harga tersebut baik untuk getah kualitas baik ataupun kurang baik.

“Kalau yang bagus harga karet Rp6 ribu sampai dengan Rp7 ribu perkilonya. Untuk sedang atau dibawahnya itu harganya Rp5 ribu perkilo,” ujar salah seorang pengepul karet di wilayah Kecamatan Tebing Tinggi bernama Lukman pada Kamis (5/1/2023).

Harga yang sama juga terjadj di wilayah Kecamatan Pendopo. Disini harga karet terpantau masih dibawah Rp10 ribu perkilonya. ‘Saat ini saya beli getah karet dari petani per kilogramnya Rp6 ribu untuk yang basah. Sedangkan untuk yang kering paling tinggi saya beli harganya Rp7 ribu,” ungkap Hasan, salah seorang pengepul karet di Desa Jarakan, Kecamatan Pendopo.

Menurut Hasan, hingga saat ini belum ada perubahan signifikan untuk harga jual ataupun beli karet di Kabupaten Empat Lawang, Sunsel. “Saat ini, harga satu kilogram karet belum bisa mendapatkan satu kilo beras. Dimana saat ini harga per kilogram beras di Empat Lawang sebesar Rp10 ribu hingga dengan Rp11 ribu,” jelasnya. (frz)

Tinggalkan Balasan

Verified by MonsterInsights