Scroll Untuk Baca Artikel
Example floating
Example floating
Example 728x250
BeritaDaerahEkonomiEkonomi & BisnisKesehatanLubuklinggauPembangunanPembangunan JalanPembenahanPendidikanSumsel

APBD Kedepan, Pemkot Lubuklinggau Fokus 5 Hal, Anggaran Pendidikan dan Kesehatan di Plot Cukup Besar

150
×

APBD Kedepan, Pemkot Lubuklinggau Fokus 5 Hal, Anggaran Pendidikan dan Kesehatan di Plot Cukup Besar

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe saat diwawancarai wartawan.(foto Istimewa)

SILAMPARI – Wali Kota (Wako) Lubuklinggau, H SN Prana Putra Sohe menjelaskan untuk APBD kedepan pihaknya fokus pembangunan terhadap 5 hal.

Adapun 5 hal tersebut menurut Wali Kota yakni infrastruktur, pendidikan, kesehatan, stunting dan program Ayo Ngelong ke Lubuklinggau. Dan dari 5 hal tersebut dikatakannya anggaran untuk kesehatan dan pendidikan di plot cukup besar.

“Kalau pendidikan dan kesehatan memang rutin dianggarkan. Anggarannya memang di plot kan untuk kesehatan dan pendidikan cukup besar,” kata Wali Kota.

Kemudian fokus Pemkot Lubuklinggau yang lainnya yaitu tetap memprioritaskan infrastruktur. Adapula yang menjadi prioritas untuk mengatasi stunting. Ternasuk dengan Program Ayo Ngelong ke Lubuklinggau.

“Selebihnya adalah rutinitas biasa,” jelas SN Prana Putra Sohe yang akrab disapan Nanan.

Lebih lanjut, untuk infrastruktur Nanan mengaku akan melengkapi jalan-jalan yang masih belum terselesaikan.

“Kenapa kita infrastrujtur masih dominan? Karena luas kota Lubuklinggau cukup besar 401 km persegi, nomor 15 dari 98 kota se Indonesia. Jadi mau tidak mau kita masih bikin jalan, masih bangun siring,” terangnya.

Selain itu, untuk infrastruktur menurutnya hanya Air Malus yang belum tuntas. Tinggal lagi yakni ratusan meter yang belum tuntas.

Selanjutnya yaitu infrasruktur di Tanjung Harapan seperti untuk jembatan sudah selesai. Tapi untuk jalan diakui Wali Kota memang belum. Sebab itu hanya 1 RT dan juga jalannya cukup besar. Sehingga pelaksanannya diharapkan ada dari Bangub.

Sedangkan untuk jalan di daerah Margorejo dan Marga Bakti, sambungnya tinggal dipoles dan dilapisi sekali lagi.

“Terus kalau untuk yang lain-lain ini, ya jalan lorong-lorong,” ujarnya.

Lalu untuk jalan pemukiman, Wali Kota mengaku agak sulit menyentuhnya.

“Jalan-jalan perumahan ada juga yang sudah hancur. Tapi itu seharusnya kan jalan perumahan kan untuk jalan utamanya adalah dari pengembang. Tapi kan kadang-kadang baliknya lagibke pemerintah. Nah itu yang kita akui belum,” ungkapnya.

Ia juga mengakui saat ini yang belum maksimal diselesaikan adalah PDAM.

“APBD kita saat ini baru yang dibahas ini Rp850 miliar. Bukan turun, kita belum tahu. Jadi kan dalam perjalanan itu pertama ini kan APBD yang sesuai dengan transfer pusat untuk saat ini ada DAU, DAK dan dana bagi hasil,” kata Wali Kota.

Terkait hal itu, ia menambahkan, nanti kalau seadainya dalam perjalanan kedepan ada silva, maka bisa bertambah lagi APBD.

“Misalnya dana bantuan gubernur, kan belum masuk. Nanti bantuan gubernur seumpamanya berapa puluhan miliar, nambah lagi,” pungkasnya.(ans)

Tinggalkan Balasan

Verified by MonsterInsights