Ajarkan Masyarakat Politik Sehat

Posting : Administrator Dibaca : 253 pembaca



MUSI RAWAS- Jelang pelaksanaan berbagai tahapan polittik mulai dari Pemilihan Gubernur (Pilgub), Pemilihan Legislatif (Pileg), hingga Pemilihan Presiden (Pilpres) mahasiswa diharapkan mampu memberikan politik yang sehat.

" Tanpa diminta kita akan memberikan pembelajaran politik yang baik kepada masyarakat, terutama jelang pelaksanaan Pilgub yang tidak lama lagi dilaksanakan," jelas salah satu dosen Universitas Musi Rawas (Unmura), Adi Winata kepada Harian Silampari.

Dibantu oleh Pemerintah Daerah (Pemda) dan penyelengggara Pemilu Unmura siap membantu masyarakat mengenal dan memahami seluruh tahapan Pemilu, termasuk memmberikan pemahaman kepada masyarakat pentingnya suara mereka dalam menentukan nasib dan masa depan lima tahun kedepan.

Peran serta mahasiswa sendiri dalam ppelaksanaan Pilkada ini menurutnya tidak lebih dari melakukan pengawalan terhadap proses yang ada, jika pun nantinya ditemukan kejanggalan dalam pelaksanaan tahapan Pilkada tersebut tentunya akan tetap berkoordinasi dan melaporkan kepada lembaga yang berwenang dalam hal ini Panwaslu ataupun KPU.

Namun demikiaan dirinya mengakui masih banyak hambatan agar lembaga kampus dapat terjun mengawal tahapan Pilkada, salah satu diantaranya adalah posisi Unmura yang hingga saat ini masih berada diwilayah Kota Lubuklinggau.

"Siap tidak siap kampus sebagai pemegang peranan agen perubahan dimasyarakat harus ikut serta mengawal Pilkada ini pada waktunya, namun kita juga harus memperhatikan efisiensi dan efektifitas kegiatan pengawasan, sebab titik utama perhatian kampus dalam prosesi Pilkada adalah untuk hal pengawasan," tambahnya.

Apalagi saat proses kampanye yang menurutnya sarat dengan praktek kampanye terlarang seperti black campigne dan money politik, inilah yang harus dirubah dilingkungan masyarakat bahwa Pilkada adalah penentan nasib masyarakat lima tahun kedepan, sehingga rakyat diharapkan memilih dengan hati dan tidak terpengaruh praktek politik kotor seperti black campigne dan money politik. (HS-05)

0 Komentar


Masukan 6 kode diatas :

huruf tidak ke baca? klik disini refresh